https://bisantara.amikparbinanusantara.ac.id/index.php/bisantara/issue/feed Jurnal Bisantara Informatika 2025-08-08T07:34:23+00:00 Herbert A. Tambunan herbert_tambunan@amikparbinanusantara.ac.id Open Journal Systems <p>Jurnal Informatika Online dikelola oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM)</p> <p>AMIK Parbina Nusantara Pematangsiantar</p> https://bisantara.amikparbinanusantara.ac.id/index.php/bisantara/article/view/141 PERANCANGAN PINTU GESER OTOMATIS MENGGUNAKAN ARDUINO DAN SENSOR PASSIVE INFRA RED (PIR) 2025-08-05T08:18:57+00:00 Hasanuddin Sirait hsirait2020@gmail.com Rusmayani Tambun rusmayani@gmail.com Arsono Harefa arsonoharefa@gmail.com <p>Perkembangan teknologi saat ini telah mendorong terciptanya inovasi dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk otomasi pintu. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun sistem pintu geser otomatis menggunakan Arduino Uno dan sensor Passive Infra Red (PIR). Sistem ini bekerja dengan mendeteksi gerakan manusia menggunakan sensor PIR, yang kemudian mengirimkan sinyal ke Arduino untuk menggerakkan motor penggerak pintu. Alat yang dibuat berukuran 60 cm x 60 cm dan diujikan pada kondisi simulasi. Hasil pengujian menunjukkan bahwa sistem dapat bekerja secara otomatis membuka dan menutup pintu saat mendeteksi keberadaan manusia dengan tingkat respon yang cukup cepat. Sistem ini juga dinilai lebih efisien dan ramah pengguna, terutama bagi penyandang disabilitas. Meskipun demikian, terdapat beberapa keterbatasan seperti sensitivitas sensor terhadap gerakan non-manusia dan keterbatasan mekanik alat. Penelitian ini dapat dijadikan sebagai referensi pengembangan sistem otomasi pintu di masa depan.<em>.</em></p> 2025-06-17T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 Jurnal Bisantara Informatika https://bisantara.amikparbinanusantara.ac.id/index.php/bisantara/article/view/146 RANCANG BANGUN ALAT PENDETEKSI LOGAM PADAT BERBASIS ARDUINO 2025-08-08T07:34:23+00:00 Muhammad Sakban liaapriyani758@gmail.com Tuty tuti@gmail.com Suharjo Suharjo@gmail.com <p><em>Technological developments are increasingly rapid, especially in the field of electronics. But with the rapid development of technology, we as humans have become dependent on this technology, one of which is a detector metal detection device. This metal detector is used to detect and identify metals in the ground surface. Here are some of the uses of meta detectors such as metals, tima and gold, at this time there is still a lot of metal or historical relics that have not yet been discovered, especially in Logas Village, Kuantan Singing Regency, with the existence of metal detectors can help people find back the history that has been buried in the ground, from the results of testing, this detection device or meta detector has successfully</em><strong><em> </em></strong><em>detected and marked the presence of metals in or above the ground surface.</em></p> 2025-06-17T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 Jurnal Bisantara Informatika https://bisantara.amikparbinanusantara.ac.id/index.php/bisantara/article/view/139 Rancang Bangun Prototype Bel Pemanggil Perawat Berbasis Mikrokontroller Arduino Uno pada Ruangan Pasien 2025-08-05T06:00:37+00:00 Nur Hamida Siregar hamidasiregar91@gmail.com Yurike Agustin Telaumbanua apnsiantar@gmail.com <p><em>Rumah sakit merupakan tempat yang menyediakan dan memberikan pelayanan kesehatan. Setiap kamar dari rumah sakit dilengkapi dengan fasilitas yang dapat memantau perkembangan kesehatan pasien. Pada kondisi tertentu, pasien yang menginap di rumah sakit memerlukan bantuan dari tenaga kesehatan yaitu perawat. Beberapa rumah sakit di Pematangsiantar masih menerapkan sistem memberi bantuan perawat secara manual. Perancangan prototype bel pemanggil perawat dibuat dengan tujuan untuk </em><em>memudahkan pasien atau orang yang menjaga pasin dalam memanggil perawat yang sedang berada di ruang jaga perawat. Perancangan prototype bel pemanggil perawat menggunakan beberapa komponen diantaranya yaitu: power supply, arduino uno, seven segmen, keypad 4x4, tombol bel, dan kabel jumper. Ketika tombol bel ditekan maka seven segmen akan menampilkan nomor kamar pasien dan mengeluarkan nada melalui speaker sebagai tanda ada pasien yang membutuhkan bantuan. Hasil dari penelitian berupa prototype bel pemanggil perawat yang berfungsi sebagai alat komunikasi antara kamar pasien dengan ruangan perawat. Dengan adanya prototype ini, diharapkan rumah sakit dapat mengembangkannya menjadi bel pemanggil perawat dan menggunakannya sehingga perawat dapat mengetahui nomor kamar pasien dengan cepat. Pasien atau orang yang menjaga juga dimudahkan dalam meminta bantuan tanpa harus memanggil perawat secara langsung. Penerapan bel pemanggil perawat di rumah sakit&nbsp; diharapkan mampu memberikan dan meningkatkan pelayanan kepada pasien. </em></p> 2025-06-17T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 Jurnal Bisantara Informatika https://bisantara.amikparbinanusantara.ac.id/index.php/bisantara/article/view/134 ANALISA PENGARUH BRAND IDENTITY, BRAND IMAGE DAN BRAND LOYALTY TERHADAP PURCHASE INTENTION 2025-07-08T02:05:00+00:00 Wijaya wijayathang08@gmail.com Adryan Rachman adryan.rachman@pradita.ac.id <p><em>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana identitas merek, gambar merek, dan kesetiaan merek berdampak pada niat pembelian (niat beli) produk kopi Janji Jiwa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang dibagikan kepada orang-orang yang pernah atau mungkin menjadi pelanggan kopi Janji Jiwa. Variabel independen dan variabel dependen dievaluasi dengan menggunakan analisis data regresi linear berganda. Ketiga variabel independen—brand identity, brand image, dan brand loyalty</em> <em>memiliki dampak positif dan signifikan terhadap purchase intention, menurut hasil penelitian. Hasilnya menunjukkan bahwa semakin kuat identitas merek, citra merek, dan loyalitas pelanggan terhadap kopi Janji Jiwa, semakin besar keinginan pelanggan untuk membeli produk. </em></p> 2025-06-17T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 Jurnal Bisantara Informatika https://bisantara.amikparbinanusantara.ac.id/index.php/bisantara/article/view/137 Pengembangan UI/UX Design E-Commerce Benang Asa Berbasis Kearifan Lokal Pendekatan Design Thinking 2025-07-02T04:51:58+00:00 vera wijaya verawijaya83@gmail.com Tongam E Panggabean tongampanggabean@gmail.com <p><em>Industri tenun tradisional Indonesia merupakan bagian penting dari warisan budaya yang kini menghadapi tantangan serius dalam era digital. Rendahnya literasi digital dan keterbatasan akses teknologi informasi menjadi hambatan utama bagi pengrajin dalam memanfaatkan platform e-commerce. Penelitian ini bertujuan merancang antarmuka aplikasi e-commerce berbasis kearifan lokal yang inklusif dan berorientasi pada kebutuhan pengguna, khususnya perempuan pengrajin tenun. Metodologi yang digunakan adalah Design Thinking, yang mencakup lima tahapan: Empathize, Define, Ideate, Prototype, dan Test, dengan melibatkan pengguna secara aktif dalam setiap proses.</em> <em>Pengumpulan data dilakukan melalui observasi lapangan, wawancara mendalam, dan uji prototipe dengan metode evaluasi System Usability Scale (SUS) dan User Experience Questionnaire (UEQ). Hasilnya menunjukkan bahwa desain antarmuka yang mengintegrasikan elemen budaya lokal—seperti motif tradisional dan bahasa daerah—dapat meningkatkan kenyamanan, keterlibatan emosional, serta kepuasan pengguna. Temuan ini menegaskan bahwa pendekatan berbasis empati dan nilai budaya lokal tidak hanya efektif dalam mendesain solusi teknologi, tetapi juga berkontribusi pada pelestarian budaya dan pemberdayaan ekonomi komunitas perempuan pengrajin. Model desain UI (User Interface) yang dihasilkan memiliki potensi untuk diadopsi dalam pengembangan sistem informasi sosial lainnya di era digital.</em></p> 2025-06-17T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 Jurnal Bisantara Informatika https://bisantara.amikparbinanusantara.ac.id/index.php/bisantara/article/view/147 PERANCANGAN WEBSITE OBJEK WISATA PEMANDIAN UMBUL MABAR KABUPATEN SIMALUNGUN UNTUK MENINGKATKAN JUMLAH PENGUNJUNG 2025-08-07T08:01:44+00:00 Fitri Juliani liaapriyani758@gmail.com Oktopanda Oktopanda@gmail.com Merry Merry@gmail.com <p><em>The Umbul Mabar Baths in Marihat Bandar Village, Simalungun Regency, is one of the tourist attractions that has great potential to attract tourists, both local and foreign. However, limited access to information about this tourist attraction means that the number of visitors is not optimal. Therefore, designing a website as a digital promotional media is expected to be an effective solution to increase the number of visitors to the Umbul Mabar Baths. This study aims to design and develop an informative and user-friendly website, in order to facilitate access to information for potential visitors. The design process includes user needs analysis, interface design, content development, and implementation of interactive features. This website will provide complete information about the Umbul Mabar Baths, including history, natural beauty, facilities, entrance fees, and routes to the location. </em></p> <p><em>The interactive features embedded in the website include a location map integrated with navigation services, reservation and contact forms, photo and video galleries, and review and testimonial columns from visitors. The use of responsive design is also a major focus, so that the website can be easily accessed via various devices, including smartphones and tablets. After development, usability testing was carried out to ensure that this website can provide an optimal user experience. The test results show that this website is effective in providing information needed by prospective tourists, and contributes positively to increasing visitor interest. With this website, it is expected that the number of visits to Umbul Mabar Baths will increase significantly, so that it can support the growth of the tourism sector in Marihat Bandar Village and Simalungun Regency as a whole.</em></p> <h3><strong><em>Keywords</em></strong><strong><em>&nbsp;</em></strong><strong><em>:</em></strong><strong><em>&nbsp;</em></strong><em>Website Design, Tourist Attractions, Umbul Mabar Baths, Marihat Bandar Village, Digital Promotion, Increasing Visitors</em></h3> 2025-06-17T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 Jurnal Bisantara Informatika https://bisantara.amikparbinanusantara.ac.id/index.php/bisantara/article/view/148 Pengembangan Aplikasi Mobile Lokasi Objek Wisata di Sumatera Utara 2025-08-08T07:29:17+00:00 Jimmi Hendrik P. Sitorus jimmisitorus83@yahoo.com Rohima Khoyrunnisha rohima_nisa@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah aplikasi mobile yang dapat memudahkan wisatawan dalam menemukan dan mengakses informasi mengenai objek wisata di Sumatera Utara. Dengan adanya aplikasi ini, diharapkan dapat mengatasi permasalahan terbatasnya informasi yang sering dihadapi oleh wisatawan, sehingga dapat meningkatkan minat berkunjung dan memberikan pengalaman wisata yang lebih memuaskan. Metode penelitian yang digunakan adalah studi pustaka dan observasi langsung. Studi pustaka dilakukan untuk mengumpulkan teori-teori terkait pengembangan aplikasi mobile dan pariwisata. Observasi langsung dilakukan untuk mengetahui kondisi objek wisata di Sumatera Utara dan kebutuhan wisatawan akan informasi yang lebih lengkap. Hasil yang diharapkan dari penelitian ini adalah sebuah prototipe aplikasi mobile yang user friendly dan dapat memberikan informasi yang akurat serta terkini mengenai berbagai objek wisata di Sumatera Utara. Fitur-fitur yang akan dikembangkan meliputi pencarian berdasarkan lokasi, informasi detail objek wisata, serta integrasi dengan peta digital.</p> 2025-06-17T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 Jurnal Bisantara Informatika https://bisantara.amikparbinanusantara.ac.id/index.php/bisantara/article/view/142 Sistem Informasi Manajemen Apotek Berbasis Web Menggunakan Metode Waterfall (Studi Kasus Apotek Mita Pharma Pematangsiantar) 2025-08-05T05:53:33+00:00 Lia Apriyani liaapriyani758@gmail.com Hasanuddin Sirait hsirait2020@gmail.com Idawati Situmorang idawati@gmail.com <p><em>Advances in information technology have had a significant impact in various sectors, including the health sector. Various health institutions such as hospitals, clinics, pharmacies, and health centers have utilized technology in improving the efficiency of accessibility services to health data. In improving service effectiveness, a pharmacy must have information technology to help manage existing drug data. Currently, the management information system at Mita Pharma Pharmacy is still carried out by manual recording into a book, resulting in inaccuracies in recording transactions and difficulties in monitoring drug stocks. Seeing these problems, a website-based pharmacy management information system is needed with the aim of simplifying the process of recording drug data, inputting drug sales, purchasing drugs and also making reports on pharmacies using the waterfall method. </em><em>This system is designed using the PHP programming language. From the results of black box testing that has been carried out on the web-based pharmacy management information system, it is found that the system can overcome the problems faced as mentioned above, therefore it can be concluded that the designed system can </em><em>provide convenience &nbsp;for the admin and pharmacy owner to manage all pharmacy operations as well as improving the accuracy of information regarding real time drug monitoring and assisting pharmacy management in making better decisions</em><em>.</em></p> 2025-06-17T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 Jurnal Bisantara Informatika https://bisantara.amikparbinanusantara.ac.id/index.php/bisantara/article/view/138 APLIKASI PENJUALAN SEPATU MENGGUNAKAN JAVA NETBEANS DAN XAMPP MYSQL 2025-07-08T02:05:46+00:00 Herbert Tambunan bangtambunan@gmail.com Monfride R Simanjuntak s.monfride@yahoo.com Yohannes Panggabean s.monfride@yahoo.com <p>Penjualan sepatu merupakan bagian penting dari industri ritel yang memerlukan sistem manajemen transaksi yang efisien dan terintegrasi. Tugas akhir ini mengangkat topik perancangan aplikasi penjualan transaksi sepatu berbasis Java dengan menggunakan IDE NetBeans dan sistem manajemen basis data MySQL yang di-hosting melalui XAMPP. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang dan mengimplementasikan aplikasi yang dapat memfasilitasi pengelolaan data sepatu, pemrosesan transaksi penjualan, serta pelaporan yang efektif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa aplikasi yang dikembangkan berhasil mengintegrasikan semua fitur utama yang diperlukan untuk manajemen penjualan sepatu secara efektif. Pengujian menunjukkan aplikasi ini mampu menangani berbagai skenario transaksi. Secara keseluruhan, aplikasi ini diharapkan dapat memberikan solusi yang bermanfaat bagi pemilik toko sepatu dalam mengelola penjualan dan inventaris produk mereka dengan lebih efisien dan efektif.</p> 2025-06-17T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 Jurnal Bisantara Informatika