ANALISA PENGARUH BRAND IDENTITY, BRAND IMAGE DAN BRAND LOYALTY TERHADAP PURCHASE INTENTION

Authors

  • Wijaya Mahasiswa
  • Adryan Rachman

Keywords:

Brand Identity, Brand Image, Brand Loyalty, Purchase Intention

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana identitas merek, gambar merek, dan kesetiaan merek berdampak pada niat pembelian (niat beli) produk kopi Janji Jiwa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang dibagikan kepada orang-orang yang pernah atau mungkin menjadi pelanggan kopi Janji Jiwa. Variabel independen dan variabel dependen dievaluasi dengan menggunakan analisis data regresi linear berganda. Ketiga variabel independen—brand identity, brand image, dan brand loyalty memiliki dampak positif dan signifikan terhadap purchase intention, menurut hasil penelitian. Hasilnya menunjukkan bahwa semakin kuat identitas merek, citra merek, dan loyalitas pelanggan terhadap kopi Janji Jiwa, semakin besar keinginan pelanggan untuk membeli produk.

Downloads

Download data is not yet available.

References

. Indonesia. (2022). Semerbak Harum Industri Kopi Indonesia. https://indonesia.go.id/kategori/editorial/4481/semerbak-harum-industri-kopi- indonesia?lang=1

. Burhanudin, T. (2020). Kopi Janji Jiwa, Tetap Tegar Meski Dihadang Pandemi. https://marketing.co.id/kopi-janji-jiwa-tetap-tegar-meskidihadang-pandemi/

. Gazali, L. (2024). Pengaruh Brand Awareness, Brand Loyalty Dan Brand Attitude Terhadap Purchase Intention Pada Aplikasi Marketplace. Jurnal ekonomi Trisakti. Vol 4(2)

. Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

. Sekaran, U., & Roger, B. (2020). Research Methods for Business :A Skill. Building Approach. Asia Edition Hoboken : Wiley

. Ghozali, I. (2020). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.

. Keller, K.L. (2001). Building customer-based brand equity: a blueprint for creating strong brands. Marketing Science Institute Working Paper Series, 1-107.

. Endaryanti, D. D., Agustini, & Kusumadinata, A. A. (2022). Brand Identity Pada Digital Branding Alika_Minigoldbogor Di Instagram Pengaruhnya Terhadap Kebiasaan Followers Dalam Keputusan Membeli Produk. Karimah Tauhid, 1(4), 451–460. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v1i4.6918

. Rahman, Md & Abir, Tanvir & Nur A Yazdani, Dewan & Abdul Hamid, Abu Bakar & Al Mamun, Abdullah. (2020). Brand Image, eWOM, Trust and Online Purchase Intention of Digital Products among Malaysian Consumers. Xi'an Jianzhu Keji Daxue Xuebao/Journal of Xi'an University of Architecture & Technology. 12. 4935-4946. 10.37896/JXAT12.03/452

. Anggraini, R. (2024). Pengaruh Brand Loyalty Terhadap Purchase Intention Dengan Brand Image Sebagai Variabel Mediasi Pada Toko Roti Di Kota Batam. Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen dan Akuntansi (Jebma) Volume 4 Nomor 3.

Published

2025-06-17

How to Cite

Wijaya, & Adryan Rachman. (2025). ANALISA PENGARUH BRAND IDENTITY, BRAND IMAGE DAN BRAND LOYALTY TERHADAP PURCHASE INTENTION. Jurnal Bisantara Informatika, 9(1), 23-32. Retrieved from https://bisantara.amikparbinanusantara.ac.id/index.php/bisantara/article/view/134